Kabar Latuharhary

Satu Dasawarsa Festival HAM, Komnas HAM Ingatkan untuk Terus Rangkul Semua Pihak

Bitung. Komnas HAM RI bersama International NGO Forum on Indonesian Development (INFID), dan Kantor Staf Presiden  (KSP),  tahun  ini kembali menggelar Festival HAM. 

Tahun ini berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Bitung sebagai tuan rumah yang berlangsung pada 29-31 Juli 2024 di Kota Bitung, Sulawesi Utara. Tema pelaksanaan Festival HAM Tahun 2024 mengangkat tema yang sangat relevan dengan kondisi Indonesia hari ini yaitu “Memajukan Demokrasi, Pemenuhan HAM, Dan Penguatan Partisipasi Masyarakat Dari Daerah Hingga Nasional”. 

Festival HAM yang juga merupakan ruang untuk berbagi inspirasi, pengalaman dan pembelajaran bersama tentang konsep Kabupaten/Kota berbasis HAM antar pemerintah daerah dan masyarakat sipil sebagai bentuk pemajuan, perlindungan dan pemenuhan HAM ini diawali dengan pelaksanaan Konferensi Pers.

“Sebelas tahun pelaksanaan Festvial HAM, 11 tahun, itu baru 11 kabupaten kota yang baru kita kunjungi untuk menyelenggarakan kegiatan Festival HAM, sementara ada ratusan kabupaten kota di republik Indonesia. Artinya, tidak mungkin kita bisa mengarusutamakan HAM kalau ini hanya dilakukan oleh salah satu pemangku kepentingan. Misalnya, hanya oleh Komnas HAM, hanya oleh INFID, hanya oleh KSP, apalagi hanya oleh pemerintah kota Bitung,” ujar Ketua Komnas HAM RI Atnike Nova Sigiro pada Konferensi Pers Pembukaan Festival HAM 2024 di Bitung (Senin, 29 Juli 2024).

Atnike  menekankan bahwa Festival HAM merupakan platform kolaborasi dari berbagai pihak serta sarana untuk meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan dan partisipasi masyarakat.

“Kami sangat yakin bahwa Komnas HAM, melalui penyelenggaraan tahun 2024 ini, Kota Bitung akan menjadi inspirasi bagi kota/kabupaten lain dan dapat menjadikan platform ini sebagai sarana untuk terus meningkatkan kualitas tata kelola pelayanan pemerintahan dan partisipasi masyarakat”, tegas Atnike.

Festival HAM 2024 akan diselenggarakan secara daring dan luring selama tiga hari, Festival HAM akan diselenggarakan dengan dua diskusi pleno, tujuh diskusi paralel, kunjungan ke tempat-tempat penting terkait HAM, deklarasi Festival HAM tahun 2024, pertunjukan seni rakyat, hingga pameran UMKM dan kuliner lokal.

Adapun nara sumber lain dalam kegiatan adalah  Ketua Dewan Pengurus INFID Khairani Arifin, Deputi V Bidang Politik, Hukum, Pertahanan, Keamanan, dan HAM Kantor Staf Presiden  Rumadi Ahmad, serta Wali Kota Bitung Maurits Mantiri (SP).

Short link