Jakarta – Komnas HAM melalui Biro Dukungan Penegakan HAM
melaksanakan kegiatan koordinasi dan Benchmarking
terkait penerapan digitalisasi layanan dan penyelenggaraan pelayanan publik
terpadu. Kegiatan yang diselenggarakan pada 6-8 Mei 2024 ini dilaksanakan
dengan menyandingkan penyelenggaraan layanan publik terpadu pada Sentra Layanan
Informasi Pengaduan (SeLIP) HAM Komnas HAM dengan Mal Pelayanan Publik (MPP)
Digital Pemerintah Provinsi Jawab Barat dan MPP Kota Bandung.
Kegiatan ini bertujuan untuk mereplikasi praktik baik atas
penyelenggaraan pelayanan publik pada kedua institusi tersebut, yang telah
memperoleh predikat Pelayanan Prima (nilai A) sejak tahun 2020 selama tiga
tahun berturut-turut dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan
Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Selain itu, diharapkan Sekretariat Jenderal
Komnas HAM dapat mengidentifikasi tantangan dalam perbaikan layanan publik pada
sektor Pengaduan HAM berdasarkan peraturan perundang-undangan. Sehingga peningkatan
atas kualitas pelayanan pengaduan HAM yang sebelumnya mendapat predikat B
dengan Nilai 3,63 dari skala 5, berdasarkan penilaian Kemenpan RB, dapat
terwujud. Mengacu pada kegiatan ini, target utama peningkatan layanan SeLIP HAM
berkaitan dengan penguatan atas kebijakan pelayanan, sistem informasi pelayanan
publik, layanan inklusi dan inovasi.
Tim Komnas HAM dalam kegiatan ini dipimpin oleh Imelda
Saragih selaku Kepala Biro Dukungan Penegakan HAM. Pelaksanaan kegiatan ini
bersinergi dengan Kelompok Kerja Organisasi dan Tata Laksana dalam rangka
penguatan organisasi dan perbaikan layanan publik secara menyeluruh.
Benchmarking dengan MPP
Kota Bandung
Koordinasi dan Benchmarking
pada sesi pertama diselenggarakan di MPP Kota Bandung. Pada kegiatan ini tim
Komnas HAM menyandingkan penyelengaraan Pelayanan Publik Satu Pintu pada MPP
Kota Bandung dengan layanan SeLIP Komnas HAM. Tim Komnas HAM diterima oleh
Anton Sugiana selaku Sekretaris Dinas PMPTSP Kota Bandung dan didampingi oleh
Hadi Surachman selaku Statistisi Ahli Muda.
Kegiatan ini diawali dengan diskusi yang secara spesifik
membahas keterpaduan penyelenggaraan pelayanan publik dengan memanfaatkan
konsep MPP yang menghadirkan konsep layanan satu pintu. Inovasi pada MPP Kota
Bandung di antaranya Layanan drive thru
SAKEDAP Keliling Kecamatan, dan Layanan Virtual Konsultasi OSS, serta aplikasi
perizinan HAYU (website) dan GAMPIL
(android & iOS). Selain itu, MPP Kota Bandung telah dilengkapi dengan
sarana prasarana bagi penyandang disabilitas berupa toilet khusus, ramp, lift, dan petugas khusus.
Capaian dan praktik baik penyelenggaraan pelayanan publik
pada MPP Kota Bandung ini dapat diadopsi oleh Komnas HAM. Komnas HAM dapat
mengadopsi praktik baik terkait integrasi digitalisasi layanan publik,
penyusunan dan reviu standar pelayanan, tindak lanjut Survey Kepuasan
Masyarakat, dan penerapan reward and punishment.
Kegiatan dilanjutkan dengan melihat secara langsung pemberian layanan pada MPP
Kota Bandung.
Benchmarking dengan MPP
Digital Provinsi Jawa Barat
Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan Koordinasi
dan Benchmarking Tim Komnas HAM di
MPP Digital Provinsi Jawa Barat. Kegiatan ini diawali dengan diskusi yang
menyandingkan penerapan Digitalisasi Layanan pada MPP Digital Pemerintah
Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dengan
Digitalisasi Layanan pada SeLIP HAM Komnas HAM. Tim Komnas HAM diterima oleh
Nining Yuliastianti selaku Kepala Dinas PMPTSP Provinsi Jawa Barat.
Untuk menunjang pelayanan publik prima, Pemprov Jabar
meluncurkan inovasi MPP digital pada akhir 2022, yang merupakan bentuk komitmen
Pemprov Jawa Barat untuk menjadikan MPP lebih sederhana, simpel, cepat, dan
murah.
Penyelenggaraan MPP digital Pemprov Jawa Barat memiliki
korelasi dengan program SeLIP HAM Komnas HAM. Aspek digitalisasi pelayanan
publik menjadi hal utama untuk menunjang pelayanan prima Pengaduan Komnas HAM
kepada masyarakat. Hal ini semata bertujuan untuk meningkatkan kualitas
pelayanan dalam penerimaan dan penanganan aduan masyarakat oleh Komnas HAM.
Kegiatan dilanjutkan dengan melihat secara langsung pemberian layanan di Pusat
Pelayanan Publik Terpadu Pemerintah Provinsi Jawa Barat. (LSS-ARB)
Short link