Agenda Kegiatan

Undangan Masukan Publik atas Penyusunan Standar Norma dan Pengaturan tentang Hak Atas Pekerjaan yang Layak

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Komnas HAM RI) sebagaimana diatur dalam Pasal 75 Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, bertujuan untuk mendorong terwujudnya pelaksanaan hak asasi manusia yang kondusif sesuai dengan UUD 1945, Pancasila, dan Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa serta Deklarasi Universal HAM (DUHAM); dan  meningkatkan perlindungan dan penegakan HAM guna berkembangnya pribadi manusia Indonesia seutuhnya dan kemampuannya berpartisipasi dalam berbagai bidang kehidupan.

 

Untuk melaksanakan tujuannya tersebut, Komnas HAM RI sebagai lembaga mandiri setingkat dengan lembaga Negara tengah menyusun "Standar Norma dan Pengaturan tentang Hak Atas Pekerjaan yang Layak" (SNP Hak Atas Pekerjaan yang Layak), dengan tujuan untuk dapat memberikan ketentuan yang bersifat pasti untuk menyamakan persepsi dan mencegah penyalahgunaan wewenang atau konflik kepentingan, serta parameter yang jelas bagi ketentuan atau rambu-rambu norma yang berkaitan dengan hak-hak atas pekerjaan yang layak. Selain itu, juga dimaksudkan menjadi pedoman umum pemenuhan hak-hak atas pekerjaan yang layak dan pembentukan regulasi terkait, serta mendorong kesadaran dan tanggung jawab untuk memenuhi dan melindungi hak-hak atas pekerjaan yang layak.

 

Untuk itu, Komnas HAM RI mengundang publik untuk memberikan saran dan komentar untuk perbaikan materi muatan draf dokumen dimaksud. Masukan dari publik akan membuat penyusunan SNP Hak Atas Pekerjaan yang Layak lebih partisipatif dan terbuka. Adapun draf 02 SNP Hak Atas Pekerjaan yang Layak dapat diunduh melalui tautan berikut:

 

https://s.id/draf02SNP_HAPyL

 

Jangka waktu pemberian saran, komentar dan perbaikan draf SNP Hak Atas Pekerjaan yang Layak dibuka sampai dengan 15 Agustus s.d. 15 September 2024. Masukan dapat disampaikan melalui e-mail pengkajian@komnasham.go.id atau pengkajianpenelitian.komnasham@gmail.com

 

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Bidang Pengkajian dan Penelitian Komnas HAM RI, arief.ramadhan.kh@gmail.com dan ajiefardhani@komnasham.go.id

 

Komnas HAM mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan keterlibatan Bapak/Ibu/Saudara/i dalam proses penyusunan dokumen SNP Hak Atas Pekerjaan yang Layak demi maju dan tegaknya hak asasi manusia.

 

------------------------------------------

Pergi ke pasar membeli mangga,

Mangga dimakan sambil membatik,

Masukan anda sangatlah berharga,

Untuk Pemajuan dan Penegakan HAM yang lebih baik.
Short link