Kabar Latuharhary

Komnas HAM-Delegasi AIMEP Berbagi Isu HAM dan Kebebasan Berpendapat

Latuharhary - Komnas HAM menerima kunjungan delegasi Australian-Indonesian Muslim Exchange Program (AIMEP) di Kantor Komnas HAM Menteng, Jakarta, Rabu (12/9/2024). 

Delegasi AIMEP berkunjung ke Komnas HAM untuk memahami lebih dalam tentang peran Komnas HAM dalam melaksanakan pengkajian, penelitian, penyuluhan, pemantauan, dan mediasi hak asasi manusia, serta mekanisme penanganan pelanggaran hak asasi manusia dan upaya advokasi yang dilakukan. Terdapat 19 delegasi yang terdiri dari 7 delegasi dari Australia, 9 delegasi dari Indonesia, dan perwakilan dari Kedubes Australia.

Pada pertemuan ini, Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro, Wakil Ketua Eksternal Abdul Haris Semendawai, dan Komisioner Pendidikan dan Penyuluhan Putu Elvina secara bergantian memaparkan tentang mandat, tugas dan fungsi Komnas HAM serta isu-isu yang menjadi prioritas Komnas HAM. Sesi berlanjut dengan diskusi yang menggali isu seputar hak asasi manusia seperti kebebasan berpendapat, pelanggaran HAM yang berat, peran perempuan dalam kerja-kerja hak asasi manusia dan lainnya.

AIMEP, sebuah program unggulan Australia-Indonesia Institute (AII) atas inisiatif Pemerintah Australia, di bawah Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia. AIMEP telah berlangsung sejak 2002 untuk membangun persaudaraan dan kesalingpahaman antara masyarakat Indonesia dan Australia, khususnya antara tokoh muda Muslim Indonesia dan Australia.

Pertemuan ini dihadiri juga oleh staf dari Tim Kerja Pengaduan, Mediasi, Pemantauan & Penyelidikan, dan Kerja Sama. (HMA-AAP-HAS/IW/SA)
Short link