Kabar Latuharhary

Komnas HAM Kick-off Laptah dan LKJiP 2022

Jakarta-Komnas HAM melalui Biro Perencanaan dan Pengawasan Internal menyelenggarakan Kick-off Penyusunan Laporan Tahunan (Laptah) dan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Komnas HAM Tahun 2022 secara hybrid dari Komnas HAM RI Jakarta, Rabu (7/12/2022)
"Laporan Tahunan ini yang ditunggu oleh masyarakat. Mereka ingin tahu apa yang dikerjakan, fokusnya, dan bagaimana lembaga ini berhasil melaksanakan tugas yang diamanatkan,” jelas Wakil Ketua Eksternal Abdul Haris Semendawai.
Substansi laporan yang menyajikan beragam kegiatan utama Komnas HAM ini, menurut Semendawai, menjadi suatu bentuk komunikasi publik lembaga kepada masyarakat dan stakeholders. Fungsi laporan tahunan ini juga memberikan pemahaman atas kinerja dan capaian kelembagaan Komnas HAM.

Plt. Sekretaris Jenderal Komnas HAM RI Aris Wahyudi juga menjelaskan pentingnya penyusunan LKjIP. "Bahwa dalam Permenpan 88 tahun 2021 tentang evaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah disebutkan bahwa penyelenggaraan pemerintahan yang baik, terukur dalam sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah yang merupakan bentuk pelindungan kepada masyarakat dan kewajiban bagi Pemerintah Republik Indonesia," jelas Aris.

LKjIP juga merupakan salah satu bagian dari Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) berdasarkan Peraturan Presiden Nomor  29 Tahun 2014 tentang SAKIP.

Rapat yang dimoderatori oleh Koordinator Manajemen Kinerja Eko Dahana Djayakarta ini dihadiri Kepala Biro Perencanaan dan Pengawasan Internal Henry Silka Innah, seluruh Kepala Biro, jajaran unit terkait, dan Kantor Perwakilan Komnas HAM RI. (AAP/IW)
Short link