Kabar Latuharhary

Menapaki Jejak Munir di Surabaya


Surabaya-Komisioner Komnas HAM RI Anis Hidayah menjadi penanggap dalam Diskusi dan Bedah Buku "Mencintai Munir" yang diselenggarakan KontraS Surabaya, Yayasan Museum HAM Munir, Kurawal Foundation, dan LBH Surabaya bertempat di Prapen Kopi Surabaya, Senin (28/11/2022). Diskusi ini merupakan bedah buku "Mencintai Munir" yang merupakan memoar perjuangan Cak Munir karya Istri Munir, Suciwati.


Menurut Komisioner Komnas HAM RI Anis Hidayah, buku ini memberi gambaran utuh tentang Munir sebagai pembela hak asasi manusia (human rights defender) yang tidak gentar dalam memperjuangkan hak asasi manusia meskipun menghadapi berbagai ancaman hingga sosok pribadi Munir yang menginternalisasi nilai-nilai hak asasi manusia di keluarga.


Ia juga menceritakan keterlibatan sosok Munir di balik berdirinya Migrant Care Malaysia yang merupakan gagasan Munir untuk perlindungan Tenaga Kerja Indonesia/Pekerja Migran Indonesia di Malaysia yang pada masa itu rentan mengalami ancaman kekerasan. "Munir juga gigih meminta negara bertanggung jawab dengan membangun sistem perlindungan dalam hal ini regulasi yang melindungi para Pekerja Migran Indonesia," ungkap Anis. (AAP/IW)
Short link