Laporan Hasil Survei Kepuasan Layanan penerimaan Pengaduan Periode Semester I Tahun 2024

  • Penulis: Biro Dukungan Penegakan HAM
  • Penerbit: Komnas HAM
  • Tahun Terbit: 2024

Pokja Layanan Pengaduan telah menyelenggarakan pengelolaan opini publik untuk mengukur tingkat kepuasan dan tingkat kepentingan atas 9 (sembilan) unsur pelayanan pengaduan Komnas HAM yaitu sarana dan prasarana, penanganan pengaduan, saran dan masukan, waktu, prosedur pengaduan, kompetensi pemberi layanan, persyaratan pengaduan, produk dan spesifikasi jenis layanan, perilaku pemberi layanan, dan biaya serta Indeks Persepsi Anti Korupsi (IPAK) dalam kegiatan Survei Kepuasan Layanan Penerimaan Pengaduan Komnas HAM periode Januari - Juni Tahun 2024.

Survei diikuti oleh 46 (empat puluh enam) orang responden, secara spesifik uraian data responden berjenis kelamin laki-laki berjumlah 27 orang, responden perempuan berjumlah 19 orang. Responden memiliki tingkat pendidikan beragam, tidak sekolah berjumlah 2 orang, SMP berjumlah 1 orang, SMA berjumlah 12 orang, D1 s/d D3 berjumlah 2 orang, D4 s/d S1 berjumlah 18 orang, dan S1 s/d S2 sebanyak 11 orang dengan rentang umur 18 s/d 25 tahun sebanyak 4 orang, 26 s/d 40 tahun berjumlah 22 orang, 41 s/d 57 tahun berjumlah 15 orang, dan lebih dari 58 tahun berjumlah 5 orang. Jenis pekerjaan responden beragam, yang masih menempuh pendidikan berjumlah 1 orang, sebagai dosen/peneliti berjumlah 4 orang, PNS/ TNI/POLRI berjumlah 6 orang, swasta sebanyak 9 orang, wiraswasta berjumlah 9 orang, tidak bekerja /rumah tangga berjumlah 4 orang, dan memiliki pekerjaan di sektor lainnya berjumlah 13 orang. Kesemua responden berasal dari Indonesia dengan cakupan wilayah Maluku berjumlah 11 orang, DKI Jakarta berjumlah 10 orang, Lampung, Jawa Barat dan Papua masing-masing berjumlah 4 orang, Sumatera Barat dan Jawa Timur berjumlah 3 orang, Sulawesi Utara berjumlah 2 orang, lalu Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan masing-masing berjumlah 1 orang.

Berdasarkan hasil penghitungan Survei Kepuasan Layanan Pengaduan, hasil nilai indeks kepuasan atas tingkat kepentingan pelayanan sebesar 97 (kategori sangat baik) dan untuk nilai indeks kepuasan atas tingkat kepuasan pelayanan sebesar 96, 75 (kategori sangat baik).

Berdasarkan hasil penghitungan Indeks Persepsi Anti Korupsi (IPAK) Komnas HAM sebesar 96 (kategori sangat baik).