Laporan Hasil Survei Kepuasan Layanan Penerimaan Pengaduan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Periode Semester II Tahun 2023
- Penulis: Komnas HAM
- Penerbit: Komnas HAM
- Tahun Terbit: 2024
Biro Dukungan Penegakan HAM telah
menyelenggarakan survei kepuasan layanan penerimaan pengaduan Komnas HAM
periode Juli – Desember tahun 2023. Survei dilakukan untuk mengukur tingkat
kepuasan dan tingkat kepentingan atas 8 (delapan) unsur pelayanan yaitu
persyaratan dan prosedur, perilaku pemberi layanan, waktu, biaya, kompetensi
pemberi layanan, produk dan spesifikasi jenis layanan, penanganan pengaduan,
saran dan masukan, serta sarana dan prasarana. Survei dilakukan di kantor
Komnas HAM Jakarta dan 6 kantor sekretariat Komnas HAM di provinsi.
Sepanjang semester kedua tahun
2023, survei diikuti oleh 25 (dua puluh lima) responden. Secara spesifik jumlah
responden berjenis kelamin laki-laki sebanyak 16 orang, responden perempuan sebanyak
9 orang. Responden memiliki tingkat pendidikan SD berjumlah 1 orang, SMA
berjumlah 11 orang, D1 s/d D3 berjumlah 2 orang, D4 s/d S1 berjumlah 9 orang,
dan S1 s/d S2 sebanyak 2 orang dengan rentang umur 18 s/d 25 tahun sebanyak 2
orang, 26 s/d 40 tahun berjumlah 8 orang, 41 s/d 57 tahun berjumlah 10 orang
dan lebih dari 58 tahun berjumlah 5 orang. Jenis pekerjaan responden beragam,
yang masih menempuh pendidikan berjumlah 2 orang, sebagai dosen/peneliti
berjumlah 1 orang, swasta sebanyak 7 orang, wiraswasta berjumlah 5 orang, tidak
bekerja /rumah tangga berjumlah 3 orang dan memiliki pekerjaan lainnya
berjumlah 7 orang. Responden semuanya berasal dari negara Indonesia. Responden
yang berasal dari cakupan wilayah Papua berjumlah 8 orang, cakupan wilayah Jawa
Barat berjumlah 4 orang, cakupan wilayah Aceh, Sulawesi Tengah dan Maluku
masing-masing berjumlah 2 orang, lalu Sumatera Barat, Banten, Kalimantan Barat
dan Sulawesi Selatan masing-masing berjumlah 1 orang.
Berdasarkan hasil penghitungan
Survei Kepuasan Layanan Pengaduan semester II tahun 2023, hasil nilai indeks
kepuasan atas tingkat kepentingan pelayanan sebesar 96.625 (kategori sangat
baik) dan untuk nilai indeks kepuasan atas tingkat kepuasan pelayanan sebesar 96.25
(kategori sangat baik). Hasil survei pada semester ini meningkat bila
dibandingkan dengan semester I tahun 2023 yaitu hasil hasil nilai indeks
kepuasan atas tingkat kepentingan pelayanan sebesar 95.25 (kategori sangat
baik) dan untuk nilai indeks kepuasan atas tingkat kepuasan pelayanan sebesar
94.875 (kategori sangat baik).